Aneka Cara Membuat Bakso, Resep Masakan, Dessert, Kue

Cara Memilih Ikan Segar untuk Membuat Bakso Berkualitas

Sama seperti halnya dengan cara membuat bakso ayam atau daging sapi, bahwa dalam bikin bakso ikkan harus juga memperhatikan kesegaran dari ikan. Tidak jarang di masyarakat bahwa kesegaran ikan diabaikan yan penting mendapatkan harga yang murah. Di bawah ini ada beberapa tips yang dapat dipakai untuk menentukan kesegaran dari ikan.

Cara Memilih Ikan Segar untuk Membuat Bakso Berkualitas

Cara Memilih Ikan Segar untuk Membuat Bakso Berkualitas

1. Kondisi Insang

Dengan melihat kondisi insang kita dapat menentukan apakah ikan tersebut laya masak atau tidak. Ikan yang segar akan mempuyai tekstur yang sedikit kenyal. Selain itu insang ikan yang segar mempunyai warna merah. Berarti ikan tersebut layak untuk dipilih sebagai bahan dasar pembuatan bakso.

2. Kondisi Kulit

Selain kita memperhatikan kondisi insangnya kita juga dapat melihat kondisi kulit ikan. Untuk ikan yang segar kulit ikan akan terlihat mengkilap dan tidak pucat. Selain itu, dagingnya juga akan terasa elastis serta tidak berubah bentuk saat kita menyentuhnya.

3. Mencium Baunya

Sebagai cara membuat bakso yang enak, kita juga harus memperhatikan kondisi bahan dasarnya. Apabila kita akan membeli ikan maka perhatikan bau dari ikan. Jika ikan pada kondisi segar, maka akan terasa amis. Sebaliknya untuk ikan yang tiak segar, ikan tidak memiliki aroma yang amis dan juga terasa asam.

4. Kondisi Mata

Seperti halnya kulit, bau dan insang, ikan yang segar juga dapat dilihat melalui kondisi matanya. Ikan yang masih segar akan terlihat matanya tidak pucat dan juga terang, dan juga terlihat mengkilap. Jangan memilih ikan yang matanya sudah pucat atau sudah buram karena ikan tersebut sudah tidak segar lagi.
Baca juga Cara Memilih Daging Ayam Segar untuk Membuat Bakso Spesial di sini
4 tips atau cara memilh ikan segar tersebut di atas semoga dapat membantu dalam memilih ikan. Dengan memperhatikan kesegaran ikan maka itu merupakan salah satu cara membuat bakso ikan yang merkualitas, enak, lezat dan juga menyehatkan. Jika anda ingin melihat cara membuat bakso daging sapi ada di sini. Sedangkan untuk kumpulan resep bakso ada di >> Cara Membuat Bakso

Cara Memilih Ikan Segar untuk Membuat Bakso Berkualitas Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown